Ini Protokol Baru Sektor Perhotelan Hadapi Pandemi

Ini Protokol Baru Sektor Perhotelan Hadapi Pandemi

Pelatihan Perhotelan – Sektor perhotelan menerapkan berbagai protokol  baru untuk mengantisipasi pandemi Covid-19. Salah satunya jaringan Oyo Hotel yang menerapkan program Sanitized Stay untuk menggairahkan kembali sektor perhotelan.

Bisnis hotel merupakan salah satu sektor yang paling terpukul dengan adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jumlah pengunjung maupun tamu yang menginap untuk kegiatan bisnis maupun wisata menurun drastis dan saat ini banyak pekerja hotel yang dirumahkan karena berkurangnya aktivitas perhotelan.

Beberapa antisipasi dan penyesuaian terus dilakukan untuk kembali menggairahkan sektor ini. OYO Hotels & Homes misalnya, secara resmi meluncurkan program Sanitized Stay untuk memberikan rasa aman dan tenang bagi konsumen sehingga bisa tetap membantu aktivitas bisnis dan lainnya di tengah pandemi ini.

Program Sanitized Stay merupakan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan operasional hotel secara komprehensif mulai proses check in hingga check out. Dengan program ini, Oyo menetapkan standar baru untuk meminimalisir kontak fisik pada semua kegiatan operasional selama pandemi hingga fase new normal.

“Pandemi membawa berbagai perubahan di setiap industri termasuk perhotelan. Kami memberikan antisipasi dari pola pelayanan maupun referensi konsumen. Program ini menjadi salah satu strategi kami untuk beradaptasi pada perubahan dan menghadapi new normal dan kami ingin menjadi pionir dalam perubahan protokol kesehatan dan keselamatan industri perhotelan sehingga bisa membantu para mitra kami dan turut membangkitkann kembali gairah industri hospitality,” ujar Eko Bramantyo, Country Head Emerging Business Oyo Hotels and Homes Indonesia.

Beberapa penerapan protokol yang diterapkan prinsipnya mengikuti peraturan pemerintah dan regulasi lainnya. Program Sanitized Stay meliputi penerapan social distancing, flow operational seperti proses check in-check out, penanganan barang bawaan, panduan kebersihan, penanganan Covid-19 di properti, standard operational procedure (SOP) untuk tamu diduga Covid-19, hingga regulasi untuk tamu dan staf.

Bangun rumah tidak harus selalu mahal. Siasati trik bangun rumah dengan anggaran minim lewat video berikut ini.

Seluruh properti yang telah sesuai dan mengikuti program ini akan mendapatkan label dan logo “Sanitized Stay” sehingga diharapkan bisa memberikan rasa aman dan tenang untuk setiap tamu yang menginap. Hal ini juga menjadi peluang untuk para mitra Oyo mendapatkan kembali potensi pasarnya.

Program ini secara bertahap akan diaplikasikan di seluruh hotel Oyo. Himbauan untuk menjaga kebersihan maupun mengikuti standar protokol Covid-19 juga terus diterapkan untuk semua pihak yang terlibat. Program ini juga akan terus dikembangkan dan menjadi bagian dari komitmen Oyo untuk menjadi program jangka panjang.

Akhirnya, program ini juga mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia. Menurut Cucu, ini merupakan salah satu bentuk kontribusi aktif dari industri untuk ikut  menangkal dan mengantisipasi pandemi pada bisnisnya.

“Saat ini yang menjadi prioritas kita semua adalah menjaga protokol jaga jarak dan memastikan keselamatan setiap individu yang terlibat di lapangan. Kami berharap ke depannya akan lebih banyak lagi hotel yang turut bergabung dengan program Sanitized Stay ini sehingga bisa  mendorong kembali pemulihan ekonomi lokal,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four × 8 =