Kasur sampai Televisi, Barang yang Kerap Dicuri Tamu Hotel Bintang Lima

Ketika sedang menginap di hotel, ada beberapa barang di kamar hotel yang bisa dibawa pulang oleh tamu. Sebut saja seperti sandal hotel dan perlengkapan mandi seperti botol berisi sabun. Namun, ada saja pengunjung yang berani mengambil beberapa barang yang tak sepatutnya untuk dibawa pulang. Tak tanggung-tanggung, bahkan nekat membawa barang besar, seperti kasur. Seperti dikutip dari CNN, pengulas hotel dan spa Wellness Heaven merilis data survei terhadap 1.157 hotel bintang empat dan lima. Hasilnya, selain kasur, mesin kopi dan boneka penghias ruangan juga kerap dibawa pulang.

Tassilo Keilmann selaku CEO Wellness Heaven mengatakan bahwa sebanyak 49 hotel melaporkan bahwa mereka telah kehilangan banyak sekali kasur sejak Januari 2018. “Mereka (pihak hotel) mengatakan bahwa pengambilan kasur biasa terjadi pada malam hari ketika penerima tamu sedang tidak buka, dan tidak ada seorang pun di sana (lobi),” kata Keilmann pada CNN Travel. “Beberapa dari mereka (pihak hotel) memiliki rekaman CCTV yang menunjukkan para pengunjung membawa kasur melalui lift,” tambahnya. Selain itu, handuk, mantel mandi, dan gantungan baju merupakan barang yang sering diambil dari banyak hotel mewah. Namun, para tamu juga mencoba untuk mengambil barang-barang yang besar atau lebih mahal. Seperti tablet dan televisi, dari survei yang ditemukan oleh banyak pemilik hotel di Asia dan Eropa. Keilmann juga menambahkan bahwa temuan tersebut sangat mengejutkan. Sebab, bagi hotel untuk mengetahui siapa orang yang mengambil barang-barang ukuran besar ini merupakan hal yang mudah. Housekeeping bisa melihat daftar checkout serta daftar barang-barang yang ada di setiap kamar hotel. Dengan begitu, mencari siapa orang yang mengambil televisi dan kasur harusnya mudah. Hanya saja, sebagian besar hotel bintang lima tidak akan berhadapan dengan tamu yang mengambil barang-barang tersebut, atau melaporkan kejadian pada polisi. “Dalam banyak kasus, mereka (pihak hotel) tidak akan melaporkannya ke polisi karena mereka tidak ingin dikaitkan dengan tindak kejahatan,” kata Keilmann. Wellness Heaven telah melakukan survei terhadap 634 hotel bintang empat dan 523 hotel bintang lima.

Dalam survei tersebut, menyatakan bahwa set televisi, tablet, dan kasur sering diambil oleh para pengunjung hotel bintang lima. Sementara para pengunjung hotel bintang empat lebih tertarik pada baterai dan remot kontrol. Beberapa pencurian barang yang paling mengejutkan, menurut Keilmann, adalah sebuah pajangan kepala babi hutan yang diambil dari sebuah hotel di Perancis. Kemudian, ada juga seorang pengunjung di salah satu hotel di Inggris yang mengambil nomor kamar yang terdapat di pintu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kasur sampai Televisi, Barang yang Kerap Dicuri Tamu Hotel Bintang Lima”, https://travel.kompas.com/read/2019/12/19/180900927/kasur-sampai-televisi-barang-yang-kerap-dicuri-tamu-hotel-bintang-lima?page=all.
Penulis : Nabilla Ramadhian
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven × 3 =