Ketahui Etika Sebelum Keluar dari Kamar Hotel

Kamar hotel menjadi area privat tamu yang menginap. Di kamar itu, tamu bebas beristirahat, makan, minum, bekerja, nonton televisi, membersihkan diri, dan lainnya.

Meski bukan rumah pribadi, kondisi kamar hotel menjadi cermin dari kepribadian tamu itu sendiri. Ketika meninggalkan kamar hotel, apakah Anda terbiasa membereskannya lebih dulu atau membiarkannya berantakan?

Mengutip laman Travel and Leisure, berikut etika sebelum keluar dari kamar hotel untuk memudahkan room boy dalam membersihkan dan merapikan kamar.
Handuk
Sebelum meninggalkan kamar hotel, sebaknya kumpulkan semua handuk yang sudah dipakai pada satu tempat. Cara ini memudahkan pelayan hotel untuk mengambil handuk kemudian mencucinya. Disarankan meletakkan handuk bekas pakai di area yang kering atau bisa juga di lantai yang kering. Tidak disarankan meletakkan handuk basah bekas pakai pada kasur atau dudukan kursi.
Pembersihan secukupnya
Lakukan beberapa langkah pembersihan ringan, misalnya lap meja bar jika ada teh atau kopi yang menetes. Jika keramas, perhatikan apakah ada rambut rontok yang tersangkut di saringan pembuangan air. Apabila ada, tiada salahnya mengambil rambut rontok tadi dan membuangnya ke tempat sampah. Langkah kecil ini akan membantu pelayan hotel membersihkan kamar.
Perhatikan tanda jangan ganggu
Jangan abaikan tanda Do Not Disturb atau DND. Sebelum meninggalkan kamar, perhatikan apakah tanda itu menggantung di pintu atau tidak. Cara ini juga membantu pelayan hotel untuk mengetahui kamar mana saja yang perlu dibersihkan dan tidak.
Membuang sampah
Di manapun berada, buanglah sampah pada tempatnya. Termasuk di kamar hotel, jangan biarkan bungkus makanan terserak di mana-mana.
Kembalikan perabot kamar ke tempat semula
Salah satu perabot kamar yang paling sering berpindah tempat adalah remote control televisi dan kursi. Jadi, tiada salahnya mengembalikan perabot tadi ke tempatnya seperti saat Anda masuk ke dalam kamar hotel. Ketika meninggalkan kamar hotel, ada baiknya membuka tirai supaya cahaya matahari masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 − four =